Jumat, Januari 02, 2009

Jurus-5 Mengaplikasikan Formula 3S dan 7i

Setelah anda memahami 3s dan 7i, sekarang saatnya anda aplikasikan. Ilmu tak ada gunanya tanpa praktek. Sebelum praktek, saya berpesan, walaupun yang saya tulis ini mungkin anda rasakan “aneh” atau asing, tetapi cobalah untuk dipraktekkan. Saya jamin anda tidak akan kehilangan apapun, malah akan mendapatkan banyak hal baru yang bisa langsung anda nikmati. Tidak ada salahnya anda mencoba, dan merasakan manfaatnya dalam beberapa hari. Pada bagian ini saya bagi menjadi dua: Praktek Umum dan Khusus.
Praktek umum ditujukan kepada anda yang tidak sedang menghadapi masalah yang terlalu berat, tetapi anda ingin mendapatkan suasana hati lebih nyaman, pikiran fokus, dan anda ingin meningkatkan semangat dan performance (baca:kemampuan) diri.
Praktek Khusus ditujukan kepada anda yang memang sedang menghadapi masalah berat, dengan beberapa contoh permasalahan, akan saya coba berikan solusinya. Walaupun tidak semua kasus, tetapi pasti ada kemiripan yang bisa anda praktekkan.
Saya mulai dengan Praktek Umum, mohon lakukan ini dengan sepenuh hati, ikhlas dan rutin (istiqomah).
Sebelum anda tidur (menjelang anda tidur maksudnya), bacalah doa sesuai agama anda. Kemudian anda membaca kalimat ini, tidak boleh dalam hati, harus terdengar di telinga anda

“Terima kasih ya Tuhan, Engkau masih memberikan kehidupan kepadaku hari ini, apapun yang terjadi, aku ikhlas. Aku memaafkan semua orang yang menyakitiku, sebagaimana aku juga ingin diampuni olehMu. Aku tidak akan iri hati kepada siapapun atas karuniaMu kepada mereka. Aku mohon kekuatan kepadaMu, agar esok aku bisa berbuat yang lebih baik dari hari ini”.

Jangan menganggap ini sepele. Kalau anda praktekkan dengan sungguh-sungguh, secara konsisten dalam 2 minggu, akan anda rasakan sesuatu yang lain di diri anda. Dengan ijin Allah, bagi ibu-ibu, remaja putri atau siapapun, wajah anda akan terlihat lebih cerah. Akan ada inner beauty memancar di diri anda. Ini bukan omong kosong. Coba anda praktekkan. Bagi Bapak-bapak dan remaja putra, anda akan terlihat lebih teduh, lebih kharismatik. Tapi bukan untuk nikah lagi ya... he..he...
Setelah bangun tidur, sebelum anda melakukan apapun, duduk, baca doa sesuai agama anda masing-masing dan baca kalimat ini

“Terima kasih yaa Tuhan, Engkau masih memberikan kehidupan kepadaku, artinya Engkau masih memberi kesempatan kepadaku untuk menjadi lebih baik, lebih bijak dan lebih arif dalam menjalani kehidupan ini. Dengan memohon kekuatan dariMu, aku bertekad menjadikan hari ini lebih baik”.

Mengucapkan kalimat inipun harus dengan keyakinan (iman), dengan ikhlas dan kontinu (istiqomah). Kalau anda sudah praktek ini secara benar, sebelum tidur dan setelah bangun tidur selama 2 minggu, dan anda belum memperoleh perubahan apa-apa, silahkan kirim e mail. Ini alamat e mail saya
(penuturkehidupan@yahoo.com).
Saya punya terapi lagi, yang akan mengubah paradigma diri anda. Yang saya tulis ini, adalah gambaran tentang diri anda yang sesungguhnya. Baca paragraf-paragraf berikut ini dengan suara yang agak keras, dan jangan dengarkan kata-kata orang lain tentang diri anda, terutama kata-kata negatif tentang anda. Gambaran saya tentang diri anda inilah yang benar, walaupun saya belum pernah ketemu anda. Lho kok bisa? Iya, ini kebenaran yang sudah dibuktikan oleh berjuta-juta orang. Jadi pasti lebih bisa dijamin kebenarannya.
Inilah beberapa kalimat yang dimaksud :

Secara keseluruhan aku adalah seseorang yang diciptakan Tuhan untuk mendapatkan kehidupan yang baik, penuh dengan kesuksesan, kebahagiaan, dan semangat. Tuhan menciptakan diriku dengan bentuk yang sebaik-baiknya, dengan misi sukses dan dapat memberi manfaat bagi orang lain.
Aku adalah seseorang yang luar biasa, tidak ada seorangpun dalam sejarah kehidupan manusia yang persis seperti aku, atau dapat menggantikan posisiku. Aku memiliki bakat-bakat dan kemampuan-kemampuan terpendam yang menakjub-kan, yang jika digali dan dipergunakan dengan benar akan menghantarkan aku, pada apapun yang aku inginkan di dalam kehidupan di dunia ini.
Aku hidup pada masa yang paling hebat di sepanjang sejarah manusia. Aku dikelilingi oleh banyak sekali peluang yang dapat aku manfaatkan untuk meraih impian-impianku. Satu-satunya batas nyata yang dapat menghalangiku memperoleh apapun yang menjadi cita-citaku, adalah batasan-batasan yang terdapat dalam diriku, hasil pikiran-pikiranku sendiri yang kurang tepat. Kalau aku mau merubah cara berfikir dan bertindak lebih positif, menerapkan formula 3S dan 7i, maka masa depanku sebenarnya terbuka lebar, nyaris tak terbatas. Aku akan mampu menyelesaikan, apapun persoalan yang kuhadapi.

Baca kalimat-kalimat tersebut berulang-ulang, resapi maknanya dan jangan bosan. Mungkin sementara ini anda belum yakin, tapi inilah yang paling mendekati kebenaran tentang diri anda. Rasakan keajaiban ini dalam 40 hari.
Tetangga anda mungkin menganggap ini aneh, tapi anda harus bersabar, nanti kalau ini benar-benar telah merubah diri anda, barulah tetangga anda akan datang dan meminta resepnya.
Oh ya, saya belum menjelaskan terapi khusus kepada anda. Inilah beberapa contoh terapi khusus, tapi jangan lupa terapi umumnya juga dipraktekkan dulu.
Langkah pertama untuk membangkitkan energi positif (kekuatan) adalah dengan kata-kata positif (kalimat positif), contoh :

“Meskipun aku belum mendapat pekerjaan, aku terima dengan ikhlas Ya Allah, aku mohon diberi kekuatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik”.
Ini hanya sebagai contoh sederhana, anda dapat merangkainya sendiri dengan kalimat:
“Meskipun aku …………(sebut penderitaan yang sedang anda alami), tetapi aku ikhlas Yaa Allah, aku mohon…… (sebutkan permohonan anda)”

Contoh orang yang sedang dililit hutang :
“Meskipun saya sedang dililit hutang, tetapi saya ikhlas Yaa Allah, saya mohon kepadaMu, agar diberi kekuatan dan kemudahan rizki, sehingga mampu membayar hutang.”

Hayati kalimat-kalimat tersebut dengan penuh keyakinan (baca : iman), ikuti dengan ikhtiar, menambah ilmu, berbuat baiklah dengan semua orang (ihsan), walaupun mungkin sekedar tenaga, kemudian perbanyaklah istigfar, jangan bosan dan putus asa (istiqomah), dan ikhlaskan dengan semua yang telah terjadi. Bermohonlah agar Tuhan memberikan kekuatan kepada kita untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Dampak dari kalimat tersebut luar biasa. Anda boleh praktekkan sekarang. Menerima kenyataan, adalah hal paling berat, dan awali dengan rangkaian kalimat tersebut :

Meskipun/walaupun aku …………(keadaan anda sekarang), tetapi saya ikhlas Yaa Allah, saya mohon ……………………(keadaan yang anda inginkan)

Kelimat ini saya pelajari dari buku SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technics) karya Mas Faiz Zainuddin, dan telah dibuktikan oleh beratus ribu orang, sangat efektif membangkitkan energi positif di dalam diri kita.

Langkah kedua adalah, anda tidak boleh menunda-nunda untuk mengucapkan kalimat tersebut, lakukanlah sekarang. Dalam bahasa Inggris langkah kedua ini adalah present tense, atau sekarang.
Apabila kita ingin berhasil/meraih sesuatu, menunda-nunda adalah sifat manusia yang harus segera dihilangkan dalam diri kita. Menunda adalah musuh kita yang akan mencuri keberhasilan kita. Maka jangan tunda lagi, segera anda bersuci, duduk dan ucapkan kalimat seperti yang telah saya contohkan sesuai dengan kondisi anda. Lakukan dengan penghayatan dan ikhlaskan semua yang telah terjadi. Mohonlah dengan sungguh-sungguh kepada Allah, tidak ada doa yang tidak dikabulkan selama doa itu untuk kebaikan. Kadang Allah mengabulkan di dunia, dan pasti di akherat. Berdoa itu sendiri adalah perintah Allah, jadi Allah sendiri akan menjamin doa itu. Secara akal sehat, mungkinkah ada perintah Allah yang sia-sia? Itu berarti kalau doa adalah perintah Allah, mungkinkah doa itu sia-sia?
Maka jangan bosan untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah. Ketuklah pintu ampunan Allah dalam keadaan apapun.

Langkah ketiga adalah, diulang secara kontinyu dan konsisten. Artinya kita harus mengulang kalimat-kalimat tersebut secara rutin, misalnya 3 x sehari dan berturut-turut setiap hari. Jadikan ini sebagai menu wajib sehari-hari, dalam bahasa asing kita harus persistant. Mengapa demikian? Karena alam bawah sadar kita hanya bisa diprogram ulang melalui kalimat yang diulang terus menerus. Hal ini cocok dan tepat sekali dengan perintah dzikir, diulang beberapa kali. Setelah kita sholat wajib, misalnya kita membaca kalimat subhanallah 33 x. Perintah tersebut pada intinya adalah memprogram ulang diri kita dengan kalimat-kalimat positif. Ingat, kalimat positif akan membangkitkan energi positif. Jadi langkah ketiga ini adalah mengulang kalimat-kalimat positif yang telah anda susun, secara konsisten dan kontinyu. Kalimat positif mampu menembus alam bawah sadar kita, bila diucapkan dengan penuh pengayatan (iman) dan terus menerus diperdengarkan dalam diri kita.

Langkah keempat, adalah penghayatan
Dalam mengucapkan kalimat-kalimat tersebut, lakukan dengan sepenuh hati. Dalam bahasa inggris disebut passion, artinya sepenuh hati. Hayati maknanya, mohonlah dengan sungguh-sungguh kepada Allah, tidak ada yang mustahil bagi Allah. Sebesar apa keyakinan kita, sebesar itu pula Tuhan akan memberi. Rangkain langkah-langkah ini, saya ambil intisarinya dari buku ”Self Management, Guru Terbaik, Sekaligus Musuh Terbesar Manusia” karya dua sahabat saya, Bapak Aribowo S. Adhi dan Bapak Marlan Mardiyanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar